Sejumlah Fakta Menarik Jelang MotoGP Jerez, Spanyol

Sejumlah Fakta Menarik Jelang MotoGP Jerez, Spanyol

Tiga seri sudah berlalu pada ajang motoGP Tahun ini, dengan Rider Yamaha Movistar, Valentino Rossi, yang menempati peringkat pertama pada klasemen sementara saat ini usai secara konsisten naik podium di tiga seri tersebut. Kendati demikian, persaingan masih sangat terbuka, mengingat kompetisi masih sangat panjang. Akhir pekan ini, Seri GP akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Nah, jelang berlangsungnya GP tersehut, mari kita tela’ah sejumlah fakta menarik tentang GP Jerez berikut ini.

Sejumlah Fakta Menarik Jelang MotoGP Jerez, Spanyol

– Fakta Pertama, Dua Pabrikan yang mendominasi di sirkuit jerez adalah Yamaha dan Honda, masing-masing mengoleksi tujuh kemenangan di Sirkuit jerez.

– Fakta Kedua, Ducati adalah pabrikan yang paling sulit menguasai Jerez, terakhir kali mereka menaklukan sirkuit tersebut adalah pada tahun 2006, bahkan Nicky Hayden merupakan rider ducati terakhir yang berhasil naik podium, tepatnya di tahun 2011 lalu.

– Fakta Ketiga, Kemenangan terakhir Suzuki di Jerez adalah pada tahun 2000 di GP500, lewat Kenny Roberts Jr yang tengah dalam perjalanan menuju gelar dunia. Aleix Espargaro finis kelima di Jerez tahun lalu, menyamai prestasi terbaik Suzuki di era MotoGP.

– Fakta Keempat, bisa dikatakan, Valentino Rossi adalah rider tersukses di Jerez, karena dia berhasil menjadi yang nomor satu di sirkuit tersebut sebanyak sembilan kali, tujuh diantaranya dimenangkan pada kelas tertinggi.

– Fakta Kelima, Dalam Lima Tahun terakhir, pada race edisi Jerez, dimenangkan oleh lima rider yang berbeda, mulai dari Casey Stoner, kemudian dani Pedrosa, berlanjut ke Marc Marquez, Jorgee Lorenzo dan terakhir, Valentino Rossi.

– – Tahun lalu, Valentino Rossi memenangi Jerez untuk pertama kali sejak 2009, dan ini adalah pertama kalinya Rossi meraih kemenangan dari pole dan memimpin semua lap sejak ia turun di MotoGP.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *